Logo
tv
"Yang terindah di langit adalah bintang-bintang, yang terindah di bumi adalah cinta kasih". -Kata Perenungan Master Cheng Yen-
Lentera Kehidupan
lentera-kehidupan

Episodes

| Menghimpun Kebajikan untuk Melindungi Bumi, tayang 07 Desember 2017

匯聚眾善護大地
Menghimpun Kebajikan untuk Melindungi Bumi

Sinopsis:
Di Posko Daur Ulang Zhutang, sebagian besar barang daur ulang adalah plastik dan stirofom. Stirofom memakan banyak tempat dan tidak ada yang ingin mengumpulkannya. Jika dibakar, akan menimbulkan pencemaran serius. Karena itulah, insan Tzu Chi mengumpulkannya.

Di Tzu Chi, setelah dikumpulkan, barang-barang daur ulang dipilah dan dibersihkan, lalu diolah menjadi barang-barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan bisa dikirimkan ke berbagai negara untuk menyalurkan bantuan bencana.

Dengan melakukan daur ulang, para relawan memperoleh pengalaman dan dapat menumbuhkan kebijaksanaan. Jika kegiatan daur ulang hanya dilakukan sesekali, maka tidak akan ada perubahan. Daur ulang harus dilakukan secara rutin.

Tahun ini, Tzu Chi juga diundang mengikuti Konferensi Perubahan Iklim PBB. Kita bisa melihat dalam setahun, terjadi berbagai bencana di seluruh dunia. Kini PBB sedang mencari cara untuk mengurangi bencana. Untuk mengatasi akar permasalahannya, kelestarian lingkungan harus dijaga. Pelestarian lingkungan harus dilakukan dengan baik.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 07 Desember 2017:

分類再製做中覺
Tersadarkan dengan melakukan daur ulang

垃圾奇妙大轉變
Mengubah sampah menjadi barang yang berguna

眾志成城善循環
Tekad semua orang membentuk lingkaran kebajikan

用愛鋪路成佛道
Membentangkan jalan dengan cinta kasih untuk mencapai kebuddhaan

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/M53AKAdRHk8

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/Ly6PfwO3pmM

http://www.lenterakehidupan.com

| Melenyapkan Penderitaan Fisik dan Batin, tayang 06 Desember 2017

醫病醫心除疾苦
Melenyapkan Penderitaan Fisik dan Batin

Sinopsis:
Pada tanggal 30 November 2017, Master berkunjung ke RS Tzu Chi Taichung. Di sana, Master mendengar laporan yang sangat menyentuh. Para staf medis mendedikasikan diri dengan sepenuh hati dan penuh cinta kasih. Mereka telah berhasil menangani kasus-kasus yang sulit. Di Tzu Chi, metode pengobatan Tiongkok dan Barat dijalankan secara bersamaan. Ini membuat Master sangat tersentuh.

Master terus mengatakan bahwa Pusat Perawatan RS Tzu Chi Taichung bukanlah panti wreda karena Master merasa bahwa tempat terbaik bagi para lansia adalah di rumah masing-masing. Dengan tinggal bersama keluarga, mereka baru bisa menikmati kebahagiaan dalam keluarga. Jadi, Tzu Chi juga membimbing keluarga para lansia untuk berbakti dan merawat lansia. Dengan demikian, para lansia mungkin bisa kembali ke rumah sendiri. Inilah tujuan pusat perawatan Tzu Chi.

Master teringat dalam kunjungan sebelumnya, Master melihat seorang anak muda yang tenaganya telah pulih. Dia mengalami kecelakaan lalu lintas dan tulang lehernya terluka sehingga seluruh tubuhnya lumpuh dan dia divonis akan duduk di kursi roda seumur hidup. Namun, setelah pergi ke pusat perawatan Tzu Chi dan menjalani fisioterapi, kondisinya perlahan-lahan membaik.

Para dokter mendiagnosis pasien dengan cermat dan memberikan pengobatan yang tepat, inilah berkah bagi pasien. Di Tzu Chi, para tenaga medis menerapkan nilai budaya humanis dalam menjalankan misi kesehatan dan menangani pasien dengan kasih sayang yang tulus.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 06 Desember 2017:

妙觀察智探病源
Mendiagnosis penyakit dengan kebijaksanaan dalam mengamati

結合中西療重症
Mengobati penyakit yang serius dengan perpaduan metode pengobatan Tiongkok dan Barat

團隊合和醫身心
Mengobati fisik dan batin dengan kerja sama yang harmonis

護理之家獲肯定
Pusat perawatan Tzu Chi memperoleh pengakuan

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle :https://youtu.be/ErelWd1yTtE

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/QzJJTaFhkE8

http://www.lenterakehidupan.com

| Menyebarkan Cinta Kasih dan Menggarap Ladang Batin, tayang 05 Desember 2017

愛灑天下耘心地
Menyebarkan Cinta Kasih dan Menggarap Ladang Batin

Sinopsis:
Cara mewariskan Dharma adalah membimbing orang untuk turut bergabung. Sejauh apa jalan yang bisa ditempuh bergantung pada seberapa jauh jalan yang dibentangkan. Jika kita diam di tempat, maka jalan kita tidak akan terbuka. Sejauh mana kita membuka jalan, sejauh itulah jalan yang bisa kita tempuh. Insan Tzu Chi hendaknya lebih banyak membimbing orang untuk bersama-sama berjalan di jalan yang benar dan membuka jalan untuk umat manusia menuju Jalan Bodhisattva dan kebuddhaan.

Mewariskan Dharma dan pengalaman bukan berarti melepas tanggung jawab. Yang harus dilepas adalah kemelekatan dan noda batin. Kesehatan tubuh juga harus dijaga. Janganlah kita sering mendaki gunung atau berolahraga, tetapi malah menggunakan lift dalam keseharian. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus lebih banyak bergerak dan menggunakan tangga agar kebugaran tubuh kita tidak mudah menurun. Selain itu, jiwa kebijaksanaan juga harus terus dikembangkan dengan bersumbangsih di tengah masyarakat. Ketangkasan pikiran juga harus terus dilatih.

Panjang pendeknya kehidupan tiada yang tahu. Kita tidak tahu kapan dan bagaimana ajal menjemput kita. Kita harus memanfaatkan waktu yang ada saat ini untuk bersumbangsih. Tidaklah cukup jika hanya kita yang memahami makna kehidupan. Kita harus memanfaatkan setiap waktu untuk berbagi kepada orang lain agar mereka turut memahami dan berjalan di jalan ini.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 05 Desember 2017:

愛灑天下耘心地
Menyebarkan cinta kasih di dunia dan menggarap ladang batin

道心不退得法喜
Mempertahankan tekad dan merasakan sukacita dalam Dharma

步步精進無間歇
Tekun melatih diri selangkah demi selangkah tanpa henti

轉識成智度寰宇
Mengubah kesadaran menjadi kebijaksanaan demi membimbing semua makhluk

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/D8UAaD6rqTE

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/83plVsDf3b4

http://www.lenterakehidupan.com

| Bertekad Membentangkan Jalan Agung, tayang 03 Desember 2017

發心立願鋪大道
Bertekad Membentangkan Jalan Agung

Sinopsis:
Insan Tzu Chi di seluruh dunia selalu mencurahkan perhatian dan bersumbangsih bagi negara-negara yang bisa dijangkau. Insan Tzu Chi menjalankan semangat ajaran Buddha secara nyata. Setiap detik dalam kehidupan tak akan kembali. Karena itu, Master berharap setiap orang dapat menggenggam setiap detik dan pikiran dengan baik.

Dahulu, Relawan Guo Chengwei yang berasal dari Hong Kong sangat gemar berjudi. Demi berjudi, dia mengambil uang belanja ibunya dan uang investasi saham ayahnya. Akhirnya, pernikahannya juga gagal. Setelah bergabung dengan Tzu Chi, dia tekun mengikuti kegiatan Tzu Chi sehingga menyadari bahwa berbuat baik dan berbakti tidak bisa ditunda. Dia sangat menyesali perbuatannya di masa lalu dan berikrar untuk berbakti kepada orang tuanya.

Ajaran Buddha yang dipelajari harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dunia tidak luput dari Dharma. Dharma juga tak lepas dari kehidupan di dunia. Insan Tzu Chi mempraktikkan ajaran Buddha di dunia dengan menjadi Bodhisattva dunia. Kita sangat beruntung hidup di masa kini sehingga dapat menjangkau orang-orang yang menderita serta mendedikasikan diri untuk menolong mereka dan berbagi Dharma dengan mereka.

Master berharap para relawan dari luar negeri dapat bertekad dan berikrar untuk melakukan praktik nyata di negara masing-masing. Master juga berharap mereka selalu tekun dan bersemangat untuk membentangkan jalan dengan cinta kasih selangkah demi selangkah, membimbing lebih banyak orang di masyarakat, serta mengembangkan berkah dan kebijaksanaan.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 03 Desember 2017:

菩提幼苗已成林
Tunas-tunas Bodhi kini telah tumbuh menjadi hutan

師徒之約今實現
Janji antara guru dan murid kini telah terwujud

翻轉人生守倫常
Mengubah kehidupan ke arah yang benar

發心立願鋪大道
Bertekad untuk membentangkan Jalan Agung

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/mP586dSRzvY

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/CcD5FwYr5Eg

http://www.lenterakehidupan.com

| Bersumbangsih dengan Rasa Syukur dan Turut Membentangkan Jalan, tayang 02 Desember 2017

感恩付出續鋪路
Bersumbangsih dengan Rasa Syukur dan Turut Membentangkan Jalan

Sinopsis:
Di dunia yang penuh bencana, praktik Bodhisattva yang sesungguhnya adalah memahami kebutuhan orang yang menderita dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan mereka. Selain itu, untuk menyelamatkan semua makhluk, kita harus melenyapkan noda batin kita terlebih dahulu. Jika tidak, saat berinteraksi dengan orang banyak, akan mudah terjadi perselisihan karena kita masih merupakan manusia awam. Manusia awam mudah terganggu oleh perbuatan dan sikap orang lain.

Untuk bersumbangsih, seseorang tidak harus kaya. Orang-orang yang hidup damai dan makmur juga bisa bersumbangsih bagi orang yang membutuhkan. Ada banyak orang yang hidup di lingkungan yang tidak tenteram. Kita hendaknya bersyukur atas lingkungan tempat tinggal kita. Kita juga harus bersyukur memiliki kesempatan untuk melihat penderitaan sehingga kita bisa menapaki Jalan Bodhisattva dan memahami ajaran Buddha.

Dalam pelantikan di Taichung kali ini, ada sepasang suami istri yang bernama Lee Qin-rong dan Gao Yong-hui. Lee Qin-rong merupakan putra Relawan Lee Qing-po. Lebih dari 30 tahun yang lalu, Relawan Lee Qing-po menyediakan tempat di Jalan Jilin, Taipei untuk dijadikan kantor Tzu Chi. Beliau telah meninggal dunia tahun lalu. Kini anak dan menantunya telah mengikuti langkahnya untuk mengemban misi Tzu Chi. Mereka mewarisi tekad, istana welas asih, serta jubah kelembutan dan kesabaran orang tua mereka.

Master berharap setelah dilantik, para relawan dapat senantiasa tekun melatih diri dengan mendengar Dharma, menapaki Jalan Bodhisattva, dan membina hati penuh welas asih.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 02 Desember 2017:

悲智雙運無量心
Mengembangkan welas asih dan kebijaksanaan dengan Empat Pikiran Tanpa Batas

放下我相大考驗
Melepas keakuan merupakan ujian besar

感恩付出法脈傳
Bersumbangsih dengan rasa syukur dan mewariskan ajaran Jing Si

子承父志續鋪路
Seorang anak mewarisi tekad ayahnya dan terus membentangkan jalan

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/eXnHV4xZLnE

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/PKc9KPpjdOY

http://www.lenterakehidupan.com

| Melindungi Makhluk Hidup dengan Kebijaksanaan, Kemurahan Hati, dan Keberanian, tayang 01 Desember 2017

3273

Lentera Kehidupan – 01 Desember 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV Indonesia :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

護生利己智仁勇
Melindungi Makhluk Hidup dengan Kebijaksanaan, Kemurahan Hati, dan Keberanian

Sinopsis:
Master sangat bersyukur kepada para relawan di Nantou, Caotun, dan Puli yang bersama-sama menyosialisasikan vegetarisme. Saat pola makan bisa diubah, maka roda Dharma juga akan berputar. Selama lima hari, para relawan membuat orang-orang mengenal pola hidup vegetaris yang bergizi dan tetap nikmat. Dengan menjelaskan manfaat pola hidup vegetaris, secara tidak langsung, para relawan telah menolong nyawa makhluk hidup.

Insan Tzu Chi harus mengimbau orang-orang hingga tidak lagi ingin makan daging meski hidangan daging sudah tersedia. Master berharap insan Tzu Chi dapat mengetuk hati semua orang dengan kebijaksanaan untuk menyelami kehidupan. Dengan demikian, motivasi semua orang akan lebih murni.

Insan Tzu Chi Taiwan telah mempraktikkan semangat welas asih dan bersumbangsih dengan kesungguhan hati. Baik dari sisi budaya humanis maupun penyediaan makanan vegetaris yang menarik, semuanya telah mereka lakukan. Namun, Master mengimbau mereka untuk menggunakan cara yang lebih aman dan efisien dalam menyosialisasikan vegetarisme, tetapi tetap berkesan bagi orang-orang. Ini membutuhkan kebijaksanaan, kemurahan hati, dan keberanian.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 01 Desember 2017:

聞聲不忍食其肉
Tidak tega membunuh makhluk hidup demi memakan dagingnya

護生利己食輪轉
Melindungi makluk hidup dengan mengubah pola makan

不畏路遙精進行
Terus tekun tanpa gentar terhadap jauhnya jalan yang ditempuh

自覺覺他智仁勇
Menyadarkan diri sendiri dan orang lain dengan kebijaksanaan, kemurahan hati, dan keberanian

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/gu_vOvX73WI

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/mzT8RqhdyII

http://www.lenterakehidupan.com

| Menghargai Jalinan Jodoh Baik untuk Membimbing Semua Makhluk, tayang 30 November 2017

3272

Lentera Kehidupan – 30 November 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV Indonesia :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

���緣度��
Menghargai Jalinan Jodoh Baik untuk Membimbing Semua Makhluk

Sinopsis:
Dalam acara ramah tamah di Aula Jing Si Hsinchu, Master mengingatkan para relawan untuk menumbuhkan jiwa kebijaksanaan seiring berlalunya waktu agar dapat senantiasa merasa bahagia dan dipenuhi sukacita dalam Dharma.

Master sangat berharap bisa bertemu dengan Relawan Zheng Zhuang. Namun, karena kondisi kesehatannya, Relawan Zheng Zhuang tidak bisa hadir. Master hanya bisa melihatnya lewat panggilan video. Jiwa kebijaksanaannya sangat kuat. Master sangat yakin bahwa dia memiliki tekad yang tak tergoyahkan.

Dua orang relawan Tzu Chi pertama di Hsinchu adalah Relawan Chen Qi-qing dan Ke Jin-lian. Salah satu di antara mereka juga merupakan komisaris kehormatan. Mereka juga menyediakan tempat agar para relawan bisa berkumpul dan melakukan kebaktian. Sepanjang hidupnya, Relawan Ke Jin-lian sangat berdedikasi. Relawan Ke Jin-lian telah meninggal dunia. Meski merasa sangat kehilangan, Master tetap mendoakannya.

Kantor Tzu Chi adalah rumah bersama para insan Tzu Chi. Master mengimbau para relawan untuk menjaga rumah dengan baik agar bisa dijadikan sebagai tempat untuk menumbuhkan jiwa kebijaksanaan. Berhubung hidup manusia tidak kekal, setiap orang hendaknya menggenggam waktu untuk menumbuhkan jiwa kebijaksanaan. Setiap orang harus menginspirasi relawan yang tak terhingga.

Meski detik demi detik tetap berlalu dengan cepat, tetapi kita bisa menggenggam setiap detik dan menganggapnya sebagai satu detik yang tidak ada duanya. Kita harus menggenggam waktu dan jalinan jodoh baik antarmanusia. Jalinan jodoh baik adalah modal untuk menjadi Bodhisattva dunia.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 30 November 2017:

�����永�
Memiliki jiwa kebijaksanaan yang kuat dan keteguhan tekad

���修��緣
Menyediakan ladang pelatihan untuk memupuk berkah

�������
Mengubah kesadaran menjadi kebijaksanaan untuk mewariskan ajaran Jing Si

���緣度��
Menghargai jalinan jodoh baik untuk membimbing makhluk yang tak terhingga

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/bIMvoycA4JU

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/sA3ibX-rSM8

http://www.lenterakehidupan.com

| Bertekad Melindungi Bumi demi Semua Makhluk, tayang 29 November 2017

3271

Lentera Kehidupan – 29 November 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV Indonesia :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

志為天下護大地
Bertekad Melindungi Bumi demi Semua Makhluk

Sinopsis:
Kini, sebagian besar sampah adalah sampah plastik. Plastik tidak mudah terurai. Plastik terbuat dari minyak bumi. Minyak bumi adalah sumber daya yang terbatas dan bisa habis suatu hari nanti. Proses pembuatan plastik juga membawa dampak buruk bagi manusia dan merusak bumi. Kini, bahkan samudra pun telah tercemar. Dengan mendaur ulang barang-barang yang masih bisa dipakai, kita bisa mengurangi volume sampah, menghemat energi, dan mengurangi emisi karbon.

Meski bisa hidup nyaman, tetapi para relawan Tzu Chi memilih untuk melakukan daur ulang. Mereka bekerja di tengah tumpukan sampah yang kotor dan beraroma tidak sedap. Lalu, mengapa mereka rela melakukannya? Karena itu bukanlah tugas yang mudah. Mereka rela melepas ego dan bersumbangsih demi melindungi bumi. Mereka mengumpulkan barang daur ulang, memilahnya secara tuntas, lalu mengolahnya menjadi benang dan kain. Selimut ramah lingkungan juga terbuat dari kain tersebut.

Misi amal dan pelestarian lingkungan harus dijalankan secara bersamaan. Master berharap para relawan dapat memiliki istana welas asih, jubah kelembutan dan kesabaran, serta singgasana kekosongan untuk dapat membabarkan Dharma. Jadi, para relawan harus melatih diri dengan tekun dan bersemangat di Jalan Bodhisattva.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 29 November 2017:

六度萬行大直道
Mempraktikkan Enam Paramita di Jalan Bodhisattva yang lapang dan lurus

慈忍彎腰護大地
Membungkukkan badan untuk melakukan daur ulang demi melindungi bumi

回收減碳法入行
Mempraktikkan Dharma dan melakukan daur ulang untuk mengurangi emisi karbon

志為天下持三軌
Bertekad untuk berpegang pada Tiga Prinsip demi semua makhluk

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/1C6c2log92w

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/hAEzYRJuhKM

http://www.lenterakehidupan.com

| Mengubah Kesadaran Menjadi Kebijaksanaan untuk Memupuk Berkah, tayang 28 November 2017

3270

Lentera Kehidupan – 28 November 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV Indonesia :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

轉識成智積福慧
Mengubah Kesadaran Menjadi Kebijaksanaan untuk Memupuk Berkah

Sinopsis:
Relawan Zhang Yubao dari Beijing, Tiongkok pensiun 11 tahun lebih awal demi mengemban misi Tzu Chi. Dia merasa bahwa tidak perlu mempunyai uang yang berlimpah. Meski pensiun lebih awal membuat pendapatannya berkurang puluhan ribu yuan setiap tahun, tetapi dia merasa bahwa mengemban misi Tzu Chi lebih bermakna. Dia pergi ke berbagai tempat untuk mengajak orang-orang melakukan daur ulang. Semua itu dilakukannya demi menjaga kelestarian lingkungan.

Master mengimbau orang-orang untuk mengubah kesadaran menjadi kebijaksanaan dalam mengamati, kebijaksanaan yang mendukung pencapaian segala aktivitas, kebijaksanaan yang tidak membeda-bedakan, dan kebijaksanaan yang jernih dan bulat bagaikan cermin. Contohnya dalam misi pelestarian lingkungan. Dengan kebijaksanaan, sampah bisa diolah menjadi keperluan musim dingin yang digunakan dalam penyaluran bantuan.

Meneladani Buddha tidak mudah, mengemban misi Tzu Chi juga tidak mudah. Untuk menyelamatkan semua makhluk, kita harus menyucikan hati dan memperbaiki tabiat buruk kita terlebih dahulu. Setiap orang hendaknya menjaga pikiran dengan baik, menggenggam setiap momen, dan mempertahankan tekad untuk selamanya.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 28 November 2017:

度人必先度己心
Untuk menyelamatkan sesama, harus terlebih dahulu menyucikan hati diri sendiri

轉識成智做環保
Mengubah kesadaran menjadi kebijaksanaan untuk melakukan daur ulang

疼惜生命倡蔬食
Menghargai kehidupan semua makhluk dan menggalakkan pola makan vegetaris

觀照心念積福慧
Menjaga pikiran serta memupuk berkah dan kebijaksanaan

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/npJ3WODcmns

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/V-dJY-vDA9A

http://www.lenterakehidupan.com

| Tekun dan Bersemangat di Jalan Bodhisattva, tayang 27 November 2017

3269

Lentera Kehidupan – 27 November 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV Indonesia :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

殷�精����
Tekun dan Bersemangat di Jalan Bodhisattva

Sinopsis:
Saat bencana banjir melanda Tiongkok lebih dari 20 tahun yang lalu, Master merasa sangat cemas. Jika para korban bencana belum mengenakan pakaian hangat, Master juga tidak mengenakan pakaian hangat. Jika setiap orang bahagia, Master juga bahagia. Master merasa terhibur jika kebenaran meresap ke dalam hati murid-murid Master. Di mana pun berada, insan Tzu Chi selalu mendengar kata-kata Master, memahaminya, dan menjalankannya demi menjangkau orang-orang yang menderita.

Dalam acara ramah tamah, para relawan bercerita tentang bagaimana kehidupan mereka sebelum mendengar Dharma dan bergabung di Tzu Chi. Dahulu, ada yang hidup tidak bahagia dan tidak damai. Namun, setelah bergabung dan menerima Tzu Chi, kehidupan mereka mulai berubah dan mereka merasakannya di dalam batin. Mereka dapat memperbaiki diri dari kegelapan batin masa lalu. Kini mereka hidup sesuai prinsip kebenaran di arah yang benar. Selain memahami ajaran Buddha, insan Tzu Chi juga melakukan praktik nyata. Mereka mengembangkan berkah dan kebijaksanaan secara bersamaan.

Saat dilantik, di depan dada para relawan disematkan tulisan “hati Buddha, tekad Guru”. Hati Buddha adalah hati yang penuh welas asih. Tekad Master tetap sama selama lebih dari 50 tahun ini, yakni berjalan di Jalan Bodhisattva. Tekad ini haruslah dijaga. Jalan Bodhisattva bukan hanya ditapaki sendiri. Kebajikan tidak cukup dilakukan oleh satu orang. Dibutuhkan cinta kasih dari banyak orang untuk mewujudkan dunia yang penuh kasih sayang.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 27 November 2017:

����度��
Mengenang masa-masa sulit menyalurkan bantuan bencana internasional

�迷�����
Mengubah kesesatan ke arah kesadaran hingga memperoleh kebahagiaan

夫妻�����
Suami istri berlatih di jalan dan misi yang sama

殷�精����
Tekun dan bersemangat di Jalan Bodhisattva

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/ofe0HZ1ejxU

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/FnM9p4QNGVE

http://www.lenterakehidupan.com

google plusPinterest