Ramadan Penuh Cinta DAAI TV : Apakah Takdir Saya Bisa Diubah ?

Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar tengah memberikan tausiyah dalam program Harmoni Ramadan DAAI TV. (Sumber : Youtube/DAAI TV Indonesia)

Bisakah kita mengubah takdir yang tadinya buruk menjadi baik? Bisakah kita mengubah takdir yang biasa menjadi luar biasa ?

Ataukah takdir sebaiknya tidak usah dipersoalkan, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Tolok ukur penilaian takdir buruk dan baik itu subyektif, tergantung bagaimana menciptakan kualitas individu yang matang, sehingga tahan banting. Sehingga takdir apapun yang datang padanya bisa disikapi dengan bijak.

Takdir adalah ketetapan, ketentuan dari Allah Swt. Setiap orang membawa takdirnya masing-masing. Ada dua orang yang satu adalah tukang kebun, satu sopir.

Si sopir, berinisiatif untuk kuliah lagi dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Setelah lulus kuliah si sopir, bisa melamar ke perusahaan yang lebih besar dan akhirnya menjadi pegawai negeri dan berhasil mengubah nasibnya .

Sedangkan si tukang kebun, karena dia merasa sudah cukup, tidak berusaha menjadi lebih baik lagi dan akhirnya tetap menjadi tukang kebun seumur hidupnya.

BAGAIMANA MEMINDAHKAN TAKDIR BURUK MENJADI BAIK ?

Yang pertama dilakukan adalah ; Jangan malas, kreatif dan mau menghargai waktu. Diri kita bisa berubah setiap saat. Allah memberikan kebebasan atau ikhtiar/pilihan. Allah memberikan suatu potensi dalam diri manusia untuk melakukan pilihan-pilihan. Namun terkadang orang hanya memakai nafsunya dalam memilih.

Jalan menuju surga tak pernah mudah, berkelok-kelok, kadang gelap di awal dan terang di akhir perjalanan. Nafsu perlu diwaspadai. Apa yang kita yakini, konsistenlah. Berhati-hatilah memilih teman, karena teman biasanya juga akan mempengaruhi kita. Jangan terlalu terpukau dengan gemerlap dunia, kenikmatan sesaat. Jika iman kita kuat, tidak ada lagi pandangan baik atau buruk.

Apapun yang datang dari Allah, syukurilah. Jangan hanya nikmat, musibahpun syukurilah. Mari kita menjalani hidup dengan penuh kesadaran.  

Saksikan Video Terkait :