Lansia Panti Wreda Tuntas Tervaksinasi Covid-19

Lansia peserta vaksin Covid-19 panti Wreda, mendapat pendampingan sebelum penyuntikan vaksin Covid-19. (Sumber : Youtube/Halo Indonesia DAAI TV)
Lansia peserta vaksin Covid-19 panti Wreda, mendapat pendampingan sebelum penyuntikan vaksin Covid-19. (Sumber : Youtube/Halo Indonesia DAAI TV)

Dinas kesehatan kota Bogor, melaksanakan vaksinasi dosis kedua kepada lansia yang menetap di Panti Wreda, Yayasan Kasih Mulia Sejahtera, pada Senin, 26 April 2021. 

Sebanyak 250 penghuni panti, mulai dari Lansia, pendamping, hingga pengurus panti, mendapatkan dosis kedua vaksin Sinovac. 

Belajar dari pengalaman sebelumnya, Serihana, pengurus harian panti Wreda memberikan pemahaman kepada lansia agar menenangkan diri, tidak emosi, sehingga tensi darah stabil dan dapat mendapatkan suntikan vaksin. 

“Kami 3 hari berturut-turut memberikan sosialisasi pada mereka (lansia), menahan mood mereka, inget mau vaksin, tidak boleh emosi ya!. Begitu emosi, tensi tinggi udah ga bisa vaksin,” ujar Serihana. 

Sebelumnya, sejumlah lansia harus tertunda mendapat suntikan vaksin, lantaran tekanan darah yang tinggi melebihi ambang batas yang disarankan, yakni 140/90. 

Untuk mendapatkan suntikan vaksin, lansia harus menjalani 4 tahapan, mulai dari pendaftaran, pengecekan suhu, tekanan darah, dan riwayat penyakit yang dimiliki. 

Kepala dinas kesehatan kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno, MARS menjelaskan, sejak vaksinasi dosis satu, hingga saat ini, tidak ditemukan kasus positif di lingkungan panti Wreda. 

Bagi lansia yang mengalami keluhan, Sri mengarahkan kepada pengurus panti untuk segera merujuk ke rumah sakit terdekat untuk menjalani observasi lanjutan. 

“Ini upaya kita mendekatkan akses layanan vaksin, kepada lansia. Khususnya lansia yang tidak bisa mendapatkan akses ke faskes (fasilitas kesehatan) terdekat,” jelas dr Sri Nowo Retno. 

Pihak dinkes kota Bogor, juga menyediakan satu unit Ambulance, sebagai penanganan darurat jika terjadi gejala, pada peserta vaksin dari kelompok lansia.

Saksikan Video Terkait :