7 5 6 8

Kabar baik datang dari Taiwan. Bertepatan dengan ulang tahun DAAI TV, Rabu, 25 Agustus 2021 Overseas Community Affairs Council (OCAC) Taiwan, mengumunkan karya yang masuk nominasi “The Chinese Language Jurnalism Award for Overseas Media”.

Kompetisi ini adalah perlombaan khusus media berbahasa Mandarin di seluruh dunia. Sebanyak 253 karya diterima dari 20 negara peserta, termasuk Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Asia, Australia, dll. Perlombaan ini dibagi menjadi empat kategori, yakni media cetak, radio, stasiun TV, dan koran digital. Pada tahap penjurian awal, terpilih total 49 karya yang masuk nominasi.

Untuk kategori program berbahasa Mandarin, salah satu program DAAI TV, yakni DAAI Mandarin menjadi satu-satunya dari Indonesia yang terpilih. Tampil bersaing dengan para nominator lain dari Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia, yang akan bersaing dalam memperebutkan satu-satunya juara, di bulan Oktober nanti.

Peserta tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, selain masih diikuti oleh pemenang tahun lalu, tetapi ini adalah pertama kalinya diikuti oleh media berbahasa Mandarin dari Eropa Utara dan Amerika Selatan. Karya para peserta menunjukkan pengaruh media berbahasa Mandarin di tengah pandemi COVID-19 serta pemberitaan masalah publik mencakup beragam isu, seperti perlindungan lingkungan, ras, kesetaraan gender, industri/lapangan kerja dan beragam masalah lainnya. Pemberitaan mengenai kehangatan dan sumbangsih yang diberikan di masa pandemi; serta cerita perantauan Taiwan di luar negeri.

Tahap penjurian akhir, akan disiarkan langsung dari salah satu stasiun televisi pemerintah Taiwan pada 13 Oktober 2021 mendatang. Karya program DAAI Mandarin yang masuk nominasi adalah “Potret Kehidupan Tionghoa di Sukabumi”, liputan ini dilakukan beberapa waktu sebelum pandemi Covid-19. Tim DAAI Mandarin mengangkat cerita kehidupan Tionghoa di Sukabumi, kecintaan terhadap budaya Indonesia, akulturasi budaya serta kuliner legendaris dari salah satu kota di Jawa Barat ini. 

MK

  • Referensi

Saksikan Video Terkait :