Kacang secara tidak langsung dapat menimbulkan jerawat

Sumber Gambar : Canva Pro

Penulis : Grace Kolin

Bagi sebagian besar orang, kehadiran jerawat adalah hal menyebalkan. Terlebih jika jerawat timbul di area wajah. Selain tidak nyaman, jerawat juga dapat membuat seseorang jadi risih dengan penampilan dirinya sendiri. Sehingga untuk menghindari timbulnya jerawat, sebagian orang menghindari jenis makanan tertentu, contohnya kacang-kacangan.

Anggapan bahwa kacang dapat menimbulkan jerawat sudah lama beredar di masyarakat. Terlepas dari benar tidaknya anggapan ini, apakah kemunculan jerawat berhubungan dengan konsumsi kacang-kacangan? Melansir dari klikdokter.com, sebetulnya kacang tidak menyebabkan jerawat secara langsung. Namun keduanya memiliki hubungan satu sama lain. Hubungan ini diuraikan dalam penjelasan yang dilansir dari laman klikdokter.com, berikut ini:

  • Kacang mengandung banyak lemak dan protein tinggi

Tingginya kandungan lemak dan protein pada kacang membuat tubuh memerlukan waktu dan usaha yang lebih banyak untuk mencernanya. Lambatnya proses cerna ini dapat menyebabkan sel imun menjadi aktif dan memproduksi antibodi. Kondisi tersebut berdampak ke kulit, dimana kelenjar minyak jadi teriritasi, sehingga menghasilkan sebum (minyak alami kulit) berlebihan. Akibatnya, risiko munculnya jerawat pun meningkat.

  • Kacang mengandung androgen

Kandungan androgen pada kacang bisa meningkatkan produksi sebum. Sehingga kacang bisa bikin kulit lebih berminyak secara menyeluruh. Kulit dengan minyak berlebih tentu akan lebih rentan untuk berjerawat.

  • Kacang Mengandung Omega-3 dan Omega-6

Kacang yang biasa dikonsumsi kebanyakan memiliki perbandingan omega-3 dan omega 6 yang tidak ideal, yaitu 1:17. Hal tersebut akan menjadi masalah karena omega-3 merupakan nutrisi sumber anti-peradangan, sementara omega-6 adalah nutrisi yang dapat memicu peradangan di dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena faktor ini, kacang pun dianggap sebagai ‘dalang’ di balik munculnya jerawat.

Meski kacang memiliki hubungan dengan jerawat, namun konsumsi kacang sebenarnya juga dapat bermanfaat bagi kulit jika dikonsumsi dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang mete dan kacang almond bahkan dapat merawat kulit dan mencegah jerawat karena mengandung asam oksalat.

Supaya makan kacang tidak menimbulkan masalah kulit, apalagi jerawat, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, sebagaimana yang dilansir dari klikdokter.com dan halodoc.com:

  • Perhatikan perbandingan yang ideal antara omega-3 dengan omega-6

Saat membeli kacang, perhatikan label kemasan dan pilihlah kacang yang tinggi omega-3 dan rendah omega-6. Kacang yang tinggi omega-6 tinggi antara lain walnut dan pine nut, sementara kacang rendah omega-6 adalah macadamia, mete, dan hazelnut.

  • Hindari mengonsumsi kacang yang dipanggang

Hindari makan kacang yang digoreng karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Hal ini dikarenakan minyak yang digunakan untuk menggoreng kacang mengandung lemak jenuh.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber