Asinan Betawi

Sumber Gambar : Canva Pro

Penulis : Grace Kolin

Tahun 2022 ini Jakarta genap berusia 495 tahun. Hari Ulang Tahun Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Jakarta juga dikenal memiliki beragam kuliner. Suku Betawi, suku asli yang tinggal di Jakarta memiliki aneka masakan khas yang sangat lezat untuk dinikmati. Berikut ini adalah berbagai sajian khas suku Betawi yang bisa Anda nikmati sembari merayakan hari ulang tahun Jakarta:

  • Bubur Ase

Meski bahan dasarnya masih sama dengan bubur kebanyakan, bubur Ase memiliki tampilan dan rasa yang unik. Bubur ini biasanya disajikan dengan siraman asinan khas Betawi yang terdiri dari campuran timun, sawi, dan tauge. Kuahnya pun berwarna gelap karena menggunakan kuah semur. Sebagai pelengkap, bubur ini ditambahkan dengan kacang tanah goreng, kerupuk merah, dan emping.

  • Kerak Telor

Kerak telor terbuat dari telur bebek atau ayam yang ditambahkan ke dalam beras ketan putih lalu dimasak dengan cara membalikkan wajannya hingga matang. Setelah matang, biasanya kerak telor akan ditaburi serundeng yang terbuat dari kelapa sangrai dan bawang goreng.

  • Asinan Betawi

Hidangan yang satu ini terdiri dari berbagai sayuran segar seperti selada, kol, tauge, sawi, tahu putih, dan kacang tanah sebagai taburannya. Setelah berbagai sayuran tersebut dicampur menjadi satu, kemudian ditambahkan dengan kerupuk mie kuning dan kerupuk merah, lalu disiram kuah cuka berwarna merah sebagai pelengkap.

  • Nasi Ulam

Nasi ulam merupakan nasi uduk khas Betawi yang memiliki cita rasa khas yang gurih karena menggunakan aneka rempah khas Indonesia. Terdapat dua jenis nasi ulam, yaitu versi basah dan kering. Versi yang basah terdiri dari nasi berempah, aneka lauk sesuai selera, bihun, serundeng, irisan telur dan kacang tanah yang disiram dengan kuah semur. Sedangkan nasi ulam kering tidak diguyur kuah semur.

  • Dodol Betawi

Dodol Betawi memiliki ciri khas yaitu berwarna hitam kecoklatan dengan varian rasa yang lebih sedikit daripada dodol dari daerah lain. Proses pembuatan dodol ini juga sangat rumit dan memakan waktu kurang lebih selama 8-10 jam, tergantung kondisi api.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber