Haruko

Setiap Sabtu & Minggu | 15.00 & 20.00 WIB

Haruko menikah dengan Qiu Xuan yang berlatar belakang sebagai nelayan. Awalnya Haruko dan Qiu Xuan tinggal bersama kakak dan kakak ipar Qiu Xuan. Mereka sangat menjaga Haruko, terlebih saat di laut karena Haruko tidak bisa berenang. Mereka sekeluarga yang bekerja dengan membudidayakan kerang sangat kebingungan setelah ada larangan pemerintah bahwa tidak boleh membudidayakan kerang lagi. Tak mau berlarut dalam kesedihan, mereka pun menjaring ikan di luat.

Berhubung pernah menginjak paku saat berada di laut, Haruko dan Qiu Xuan pun memutuskan untuk sekalian mengambil sampah di laut setiap kali pergi melaut. Melihat banyak barang yang masih bagus dan masih bisa digunakan, Qiu Xuan dan Haruko pun membersihkan dan mengelompokkannya. Siapa pun yang memerlukannya bisa datang mengambilnya. Mereka berbuat seperti itu agar bisa menjaga laut dari sampah-sampah dan demi memberikan masa depan bagi generasi selanjutnya.

Tak lama setelah Haruko menjalani operasi pengangkatan batu ginjal, kondisi kesehatan Qiu Xuan juga terganggu. Saat dia pergi mendonorkan darahnya, baru diketahui kalau ternyata dia menderita hepatitis B. Tak lama berselang, hepatitisnya sudah menjadi sirosis hati. Merasa sudah waktunya pensiun, Qiu Xuan pun mengajak Haruko untuk tidak lagi menangkap ikan di luat.

Sepeninggalan Qiu Xuan, Haruko semakin giat mengumpulkan sampah di muara dan membawanya ke posko daur ulang Tzu Chi. Haruko baru mengetahui bahwa tindakannya yang begitu sederhana, yaitu hanya mengumpulkan sampah sebenarnya begitu luar biasa. Haruko yakin tindakannya itu bisa menyelamatkan bumi dan bisa mewariskan bumi yang sehat bagi anak dan cucu.

YouTube
YouTube
LINKEDIN
Instagram